Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Menopause pada Wanita di Indonesia

Authors

  • Suci Ririn Apriani Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi Uki S Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.270

Keywords:

Faktor-faktor, Wanita, Menopause

Abstract

Sudah merupakan hukum alam (Sunnahtullah) bahwa setiap makhluk di dunia ini mengalami proses penuaan. Pada manusia proses penuaan itu sebenarnya terjadi sejak manusia dilahirkan dan berlangsung terus sampai mati. Menopause adalah terhentinya menstruasi secara permanen. Dan dijelaskan bahwa menopause ialah berhentinya  menstruasi  dan  berakhirnya  kemampuan  bereproduksi. Banyak faktor yang berhubungan dengan usia menopause. Faktor-faktor tersebut antara lain usia pertama kali haid, stres, penggunaan alat kontrasepsi, status perkawinan (misalnya, status perkawinan, jumlah anak, dan usia saat melahirkan anak terakhir), riwayat keluarga, pekerjaan, pendapatan, merokok, dan penggunaan alkohol. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan terhadap kejadian menopause pada wanita di Indonesia. Metode Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode literatur review. Literatur yang digunakan digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah literatur dengan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Pencarian literatur menggunakan Google Scholar (2013-2022). Kata kunci yang digunakan yaitu “Faktor-Faktor” dan “Menopause”. Literatur yang dipilih dan akan diseleksi dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi penelitian. Hasil penelitian Didapatkan sebelas jurnal. Lima jurnal membahas variabel karakteristik, empat jurnal membahas variabel paritas, enam jurnal membahas variable menarche, delapan jurnal membahas variable alat kontrasepsi, dua jurnal membahas variable status gizi dan tiga jurnal membahas variabel usia melahirkan anak terakhir. Penelitian dilakukan pada wanita di Indonesia berdasarkan tabel sampel yang didapatkan sampel tersebut berasal dari daerah-daerah yang tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Pulau Sulawesi. Sampel tersebut diambil dari wanita yang berusia ≥ 40 tahun. Kesimpulan penelitian ini Faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap kejadian menopause pada wanita di Indonesia yaitu faktor karakteristik yang terdiri atas Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, dan Usia, faktor paritas, faktor menarche, faktor penggunaan kontrasepsi, faktor status gizi, dan usia melahirkan.

References

Rosyada, Mujahidah Amrina;Fatimah SR. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Usia menopause. J Kesehat Masy [Internet]. 2013;4(m):10–2. Available from: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm%0A

La Rangki LR, Siagian HJ, Alifariki LO. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Usia Menopause di Puskesmas Wua-Wua Kota Kendari. J Kesehat Komunitas. 2021;6(3):348–54.

Diniyati NH. Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Usia Menopause Di Kelurahan Buluran Kenali Kota Jambi Tahun 2015. J Ilm Univ Batanghari Jambi [Internet]. 2016;16(2):24–30. Available from: http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/7/0

Marlia T. Hubungan Antara Usia Menarche Dan Riwayat Penggunaan Alat Kontrasepsi Dengan Menopouse Dini Pada Lansia Di Desa Dukuh Indramayu. Afiasi J Kesehat Masy. 2021;6(2):94–102.

Hasibuan Y. Usia Menarche, Riwayat Kontrasepsi Hormonal dan Usia Menopause. J Penelit Kesehat “SUARA FORIKES” (Journal Heal Res “Forikes Voice”). 2020;11(April):85.

Nursadilah, Albin I, Ilhami Surya Akbar T. Hubungan Riwayat Menarche dan Penggunaan Kontrasepsi Hormonal terhadap Usia Menopause. J Ilm Mns Dan Kesehat. 2022;5(3):308–15.

Trismiyana E, Lestari A. Hormonal Dengan Usia Menopause Pada Wanita Di Wilayah Kerja Puskesmas Kenten Palembang Tahun 2019. J Kesehat Dan Pembang [Internet]. 2021;11(21):42–50. Available from: http://e-jurnal.stikesmitraadiguna.ac.id/index.php/jkp/article/view/97

Isa Hanasiwi Mayang HWP. Hubungan Paritas dan Pemakaian KB Hormonal dengan Usia Menopause. Kebidanan. 2015;VII(2):208–22.

Wahyuningsih JW. Hubungan Antara Usia Melahirkan Dan Pemakaian Alat Kontrasepsi Dengan Usia Menopause Di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarame Kotamadya Palembang. J Kebidanan J Med Sci Ilmu Kesehat Akad Kebidanan Budi Mulia Palembang. 2019;8(2):65–72.

Kalengkongan DM, Makalew L, Mandang J. Analisis Usia Menarche Dan Status Gizi Terhadap Usia Ibu Menopause. 2015;(3):56–65.

Dewi FK. Korelasi Menarche, Pekerjaan, Usia Melahirkan Dengan Menopause Di Bina Keluarga Lansia Kecamatan Kemangkon Purbalingga. Viva Med. 2017;10(1):62–7.

Nurdianti N, Sukmawati, Luthfiyati Y. Hubungan Jumlah Paritas dengan Usia Menopause. J Kesehat Andalas. 2016;5(2):282–6.

Astikasari ND, Tuszahroh N. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Menopause Dini di Desa Kalirejo Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang Website : http://jurnal.strada.ac.id/jqwh | Email : jqwh@strada.ac.id Journal for Quality in Women ’ s Health. J Qual Women’s Heal. 2019;2(1):50–6.

Senolinggi MA, Mewengkang M, Wantania J. Hubungan Antara Usia Menarche Dengan Usia Menopause Pada Wanita Di Kecamatan Kakas Sulawesi Utara Tahun 2014. e-CliniC. 2015;3(1).

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Apriani, S. R., & S, S. U. (2023). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Menopause pada Wanita di Indonesia . ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 742–749. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.270