Representasi Kekeran Seksual pada Film Virgin The Series (Studi Analisis Semiotika John Fiske)

Authors

  • Rafifa Luqyana Kesuma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fakhrur Rozi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syahrul Abidin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.269

Keywords:

Kekerasan Seksual, Studi Analisis, Semiotika

Abstract

Penelitian ini menjelaskan representasi film sebagai salah satu media komunikasi massa. Peneliti memilih film Virgin the Series sebagai objek penelitiannya, dengan alur cerita  tindakan kekerasan seksual yang terjadi kepada para remaja perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kekerasan seksual direpresentasikan pada film tersebut. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini adalah studi pustaka tentang kekerasan seksual dan studi analisis semiotika John Fiske. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan dokumentasi dari adegan-adegan yang ditandai adanya kekerasan seksual serta melakukan studi kepustakaan. Melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi, serta dari enam adegan pada film Virgin the Series, kekerasan seksual direpresentasikan dengan cara fisik, non-fisik, dan secara verbal.

References

Aviomeita, F. (2016). Representasi Perempuan dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Perempuan dalam Film "Fifty Shades of Grey"). Repositori Insititusi Universitas Sumatera Utara.

Indiwan, W. (2013). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Maghfiroh, F. N. (2017). Representasi Kekerasan Seksual pada Anak Tuna Rungu Dalam Film Silenced. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 13.

Bahtiar, M. A. (2019). Komunikasi Massa Dalam Media Critical dan Media Equation. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya, 10, 20-27.

Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes . Magelang: Yayasan Indonesia.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Firmansyah. (2022, 06 04). Kenal di Media Sosial, Siswi SMP Jadi Korban Pelecehan Seksual. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2022/06/04/134153978/kenal-di-media-sosial-siswi-smp-jadi-korban-pelecehan-seksual

Eneste, P. (1989). Novel dan Film . Jakarta: Nusa Indah

Kurniawati, D. (2011). Representasi Kekerasan Seksual pada Film Virgin 2 (Bukan Film Porno). UPN Jatim Institutional Repository.

Shadily, J. M. (1997). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartono, K. (2009). Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual . Bandung: Mandar Maju.

Sobur, A. (2017). Semiotika Komunikasi. Remaja Karya.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Kesuma, R. L., Rozi, F., & Abidin, S. (2023). Representasi Kekeran Seksual pada Film Virgin The Series (Studi Analisis Semiotika John Fiske). ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 733–741. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.269