Upaya Guru Menginternalisasikan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA IT Annajiyah Lubuklinggau

Authors

  • Aroza Oca Universitas PGRI Silampari
  • Yeni Asmara Universitas PGRI Silampari
  • Isbandiyah Isbandiyah Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.256

Keywords:

Menginternalisasikan, Sikap Nasionalisme, Upaya Guru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya permasalahan yang terjadi pada siswa di zaman sekarang ini mengenai sikap nasionalisme sedang mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya guru meninternalisasikan sikap nasionalisme pada siswa kelas X melalui pembelajaran sejarah di sma it annajiyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru menginternalisasikan sikap nasionalisme melalui pembelajaran sejarah antara lain dengan pembiasaan, keteladanan, contoh yang konstektual, penggunaan cerita dan media. Upaya tersebut dikategorikan efekti untuk digunakan menginternalisasikan sikap nasionalisme pada siswa kelas X SMA IT Annajiyah. analisis angket guna untuk mengetahui keberhasilan yang upaya guru menginternalisasikan sikap Nasionalisme yang ada pada siswa maka diambil kesimpulan bahwa upaya guru yang telah dideskripsi diatas dikategorikan efektif dan baik dilihat dari rata-rata jawaban siswa selalu.

References

Affan, M. H dan Maksum, H. (2016). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, Vol 3. No 4.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S. I. (2015). Ilmu Sosial Dasar. Yogyakarta: UPT MKU UNY.

Amelia, C.A. (2014). Peranan Pembelajaran sejarah dalam penanaman Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan. Jurnal Ijhe, Vol 3. No 2.

Anwar, M. (2015). Pemebelajaran PPKN. Semarang: Wisma Putra.

Buasan, B. (2012). Mari Tumbuhkan Jiwa dan Semangat Nasionalisme Perilaku Nasionalistik Masa Kini dan Ketahanan Nasional. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Doe, J. (2012). Disiplin dalam Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Ombak

Faturrohman dan W.W. (2014). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Haryanto, B. (2015). Sikap Persatuan dan Kesatuan dalam Masyarakat Indonesia Pasca 2012. Jurnal Sosial dan Politik, 19 (2), 123-136.

Hidayati. (2012). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program D-II PGSD FIP UNY.

Wibowo. A. (2013). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Y., dkk. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-nilai Pancasilah. Jurnal Adil Indonesia, Vol 1. No 1.

Nurdin, M. (2014). Pendidikan Anti Korupsi Strategi Internalisasi Niali-nilai Islami dalam Menumbuhkan Kesadaran Antikorusi di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran dalam Profesi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Retnasari, L., & Hidayah, Y. (2020). Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa PGSD UAD). Jurnal Basicedu, 4 (1), 79-88

Rusyan, A. Tabrani (2014). Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: PT Intimedia Ciptanusantara.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Oca, A., Asmara, Y., & Isbandiyah, I. (2023). Upaya Guru Menginternalisasikan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA IT Annajiyah Lubuklinggau. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 762–767. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.256