Proses Kreatif Penciptaan Tari Lime Gades Rengkek

Authors

  • Wina Sela Universitas PGRI Palembang
  • Melati Kurnia Universitas PGRI Palembang
  • Desi Ratna Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.230

Keywords:

Tari, Tradisi, Kreatif

Abstract

Tari lime gadis rengkek ini terinsprasi dari sebuah tarian tradisi yang berasal dari musi bayuasin yang bernama tari stabek karya tari ini di ciptakan oleh wina sela, melati kurniadan desi ratna sari pada tahun 2023,penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif tari lime gadis rengkek. Tarian ini melalui tahap eksplorasi, inprovisasi, evaluasi dan komposisi. Objek penelitian ini adalah tari lime gadis rengkek yang di kaji dari proses kreatif yang meliputi elemen elemen komposisi tari seperti tema, gerak, tata rias, tata busana, iringan, pola lantai,  dangan menggunakan pendekatan kualitatif. Tema tari lime gadis rengkek pada awalnya yaitu berupa suatu tari penyambutan kepada tamu tamu agung/penting. Urutan gerak yag dilakukan di mulai dari salam pembuka, inti dan salam penutup. tari ini menggunakan tata rias makeup yang cantik, serta busana  menggunakan baju kurung bawahan songket sehingga terlihat anggun, serta di iringidi iringi dengan musik yang merdu.metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Teknik penggumpulan data di lakukan dengan menggunakan pendekatan studi pustaka,pengamatan,atau observasi dan wawancara. Uji keabsahan data di lakukan dengan teknik kriangulasi. oleh karena itu di dapatkan hasil penelitian berupah tahap tahap di lakukan oleh wina sela, melati kurnia, desi ratna sari.dalam proses kreatif meliputi tahap eksplorasi, impropisasi, evaluasi, dan tahap komposisi yaitu proses penyusuna gerak yabg telah di dapat dari proses eksplorasi, improvisasi, dan evaluasi menjadi satu tarian yang utuh. Selain itu proses kreatif penciptaan tari lime gades rengkek juga di pengaruhi oleh faktor faktor serperti faktor lingkungan, sarana atau fasilitas, keterampilan atau skill indentitas atau gaya originalitas atau kealian.

References

Dapartemen Pendidikan Dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Harymawan, RMA. (1986). Dramaturgi. Bandung: CV Rosda.

Kusnadi. (2009). Penunjang Pembelajaran Seni Tari untuk SMP dan MTs. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Soetedjo. (1983). Komposisi Tari 1. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Hadi, S. (1983). Pengantar Kreativitas Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Jazuli, M. (2016). Peta Dunia Seni Tari. Semarang: CV.Farishma Indonesia.

Hidajad, R. (2013). Kreativitas Koreografi. Malang/JawaTimur: Surya Pena Gemilang.

Hawkins, A. (Terjemah Sumandiyo Hadi). (1990). Pencipta Lewat Tari (creating through dance). Yogyakarta: Gigih Pustaka Mandiri.

Hadi, S. (2005). Sosiologi Tari. Yogyakarta: Pustaka.

Gunawan, I. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (teori dan praktik). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iswantara, N. (2017). Kreatifitas (sejarah teori pengembangan). Yogyakarta: Gigih Pustaka Mandiri.

Pamusuk, E. (1982). Proses Kreatif. Jakarta Pusat: Jakarta Gramedia.

Smith, J. (1985). Komposisi Tari (sebuah pertunjukan praktis Bagi guru), (tarjemah band Suharto). Yogyakarta: Ikalasti Yogyakarta.

Murgianto, S. (1983). Koreografi Pengetahuan DasarKomposisi Tari. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Meri, L. (1986). Dances Composition, The Basic Element (Elemen Dasar Komposisi Tari) (Tarjemah Soedarson). Lagaligo.

Ruslam, A. (2005). Memahami Metodelogi Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negri Malang (UM Press).

Noviati. T, Palawi, A., & Hartati, T. (2022). Proses Kreatif Penciptaan Tari Aer Ulak Karya Rezky Kurnia Putri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik 7 (4): 1–12.

Wijaya, C.Me, & Handayani, E.W. (2019). Proses Kreatif Penciptaan Tari Suramadu Karya Diaztiarni Di Sanggar Tydif Surabaya. Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan 14: 1–10.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Sela, W., Kurnia, M., & Sari, D. R. (2023). Proses Kreatif Penciptaan Tari Lime Gades Rengkek. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 800–804. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.230